loader image

Pentingnya Mengetahui Cara Mencuci Tangan yang Benar

Tangan kita berperan penting dalam penyebaran penyakit. Berbagai patogen penyebab penyakit menular hanya dapat ditularkan dari orang ke orang melalui tangan. Mencuci tangan merupakan kegiatan yang kelihatannya sepele, namun sangat penting karena terbukti efektif dalam mencegah penyebaran penyakit dan mengendalikan infeksi. Hal ini dikarenakan tangan seringkali menjadi perantara masuknya berbagai bakteri ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu, setiap orang harus menjaga kebersihan diri secara rutin, salah satunya dengan mencuci tangan dengan benar. Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih merupakan cara paling sederhana yang terbukti secara ilmiah efektif membantu melindungi Anda dari patogen seperti bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya yang berbahaya. Kurangnya edukasi mengenai manfaat  mencuci tangan bagi kesehatan, tidak adanya fasilitas kebersihan tangan yang memadai dan juga sulitnya akses ke sumber air bersih merupakan beberapa faktor eksternal yang dipercaya menghambat masyarakat untuk memulai kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar.

Mengapa harus mencuci tangan dengan benar?

Lembaga kesehatan dunia yaitu WHO menyerukan penguatan kebersihan tangan untuk menjaga kesehatan umum sangat penting. Misalnya, pasien flu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin. Kemudian, orang tersebut memegang uang tersebut, dan ketika uang tersebut berpindah tangan, bakteri flu dapat langsung berpindah ke tangan orang lain. Jika orang tersebut kemudian menyentuh hidung atau mulut, bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh. Ini menunjukkan betapa mudahnya bakteri berpindah dari satu orang ke orang lain.

Cara mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer. Berikut ini adalah langkah-langkah mencuci tangan yang benar:

  1. Basahi tangan dengan air yang mengalir, dan gunakan sabun secukupnya pada telapak tangan
  2. Gosok kedua telapak tangan
  3. Gosok punggung tangan dan sela jari-jari
  4. Kunci ruas jari secara berlawanan, lalu gosok dari sisi ke sisi
  5. Genggam ibu jari tangan kanan dan gosok ibu jari secara memutar, lakukan sebaliknya
  6. Menggosok secara rotasi di kedua arah dengan meletakkan ujung jari masing-masing tangan di telapak tangan yang berlawanan
  7. Bilas tangan dengan bersih dan menyeluruh dengan air yang mengalir
  8. Keringkan tangan secara menyeluruh

Kapan kita harus mencuci tangan?

Mencuci tangan pada umumnya dilakukan pada saat sebelum dan sesudah menyentuh apa saja. Berikut ini adalah beberapa contoh waktu atau kondisi untuk mencuci tangan:

  • Sebelum makan atau menyiapkan makanan perlu melakukan cuci tangan sebelum,selama dan sesudah makan atau masak

  • Dirumah setelah beraktifitas di luar

  • Sebelum menyentuh wajah

  • Setelah menggunakan kamar kecil

  • Setelah meninggalkan tempat umum

  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin

  • Setelah memakai masker

  • Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet

  • Setelah merawat seseorang yang sakit

  • Setelah menyentuh hewan peliharaan